Sabtu, 31 Maret 2018

CARA YESUS KRISTUS BELAJAR


Yoh 7:14,15. Waktu pesta itu sedang berlangsung, maksudnya di tengah-tengah minggu perayaan itu yang berakhir dengan suatu pertemuan pada hari kedelapan (Im 23:36). Ketika sudah masuk ke Bait Suci, Yesus mulai mengajar. Para pemimpin heran atas paparan-paparan-Nya, khususnya mengingat bahwa Dia bukan lulusan dari salah satu tempat pendidikan para rabi (berbeda dengan Paulus, Kis 22:3).

Apakah saudara juga heran seperti mereka ? Yesus Kristus bisa mengajarkan banyak kebenaran yang tidak bisa dilakukan oleh ahli Taurat bukan semata-mata karena Dia itu Firman Allah, tetapi karena Dia selalu belajar dari kitab suci dan berdoa setiap hari kepada Bapanya, dan juga Dia selalu disertai oleh Roh Kudus yang dapat kita lihat pada waktu Yesus dibabtis oleh Yohanes pembabtis.

Markus 1:35  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.
Matius 3:16  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
Markus 1:10  Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

Saat ini pun saudara dapat belajar dengan cara seperti Yesus Kristus belajar, saudara dapat belajar dari Bapa di surga dengan membaca Alkitab dan berdoa, saudara juga sudah diberikan Penolong sejak saudara percaya Yesus yaitu Roh Kudus, maka saudara dapat minta bimbingan Roh untuk belajar.

TERBELENGGU TRADISI

Yoh 7:19  Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"
20  Orang banyak itu menjawab: "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"
21  Jawab Yesus kepada mereka: "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.
22  Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat  —  sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita  —  dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!
23  Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.

Disini Yesus mengungkapkan tentang tradisi dibanding kitab suci, tradisi memerintahkan orang tidak boleh bekerja pada hari sabat tapi ada beberapa perkecualian, salah satunya pekerjaan menyunat.

Tetapi anehnya ketika Firman Allah sendiri yg mengerjakan perkecualian itu dengan cara menyembuhkan orang sakit pada hari sabat mereka tidak mau menerimanya, mereka menganggap Yesus itu lebih rendah kuasanya daripada tradisi mereka.

Pikiran mereka masih terbelenggu oleh tradisi, bahkan mereka berani melawan Tuhan demi tradisi mereka sendiri. Sungguh menyedihkan !

Marilah kita periksa diri, apakah kita masih terbelenggu juga oleh tradisi, bahkan menganggap tradisi itu setara atau lebih tinggi dari alkitab ? Semoga tidak.

Yoh 7:39 
Frasa: YESUS BELUM DIMULIAKAN. 

Teks:  Ayat ini menunjuk kepada kemuliaan Yesus di kayu salib (lihat Yoh 12:23-24). Roh Kudus belum dapat diberikan sepenuhnya sampai dosa sudah ditangani. "Roh" menunjuk kepada semua pekerjaan Roh Kudus dalam diri orang percaya, baik pembaharuan (Yoh 20:22) maupun baptisan Roh Kudus (Kis 2:4). 

Tentu saudara masih ingat bahwa Roh Allah tidak dapat tinggal di dalam manusia yang berdosa.

Kejadian 6:3  Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Itulah sebabnya sebelum Yesus disalibkan dan wafat tidak ada seorangpun bahkan nabi yang dapat disertai oleh Roh Allah, yang ada cuma dihinggapi Roh sementara saja.

Tetapi setelah Yesus wafat dan Darahnya menghapus dosa maka setiap orang yang percaya kepadaNya pasti akan diberikan penyertaan Roh Kudus untuk selamanya.

Oleh karena itu jangan sia-siakan Roh Kudus, Dia sanggup menolongmu dan menghiburmu untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan di dunia ini, bahkan Roh Kudus bisa diminta untuk mendoakan.

Roma 8:26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Nah sekarang saudara bisa memilih mau didoakan oleh hamba Tuhan atau oleh Roh Tuhan sendiri ? Saya menganjurkan didoakan oleh Roh Tuhan, sebab lebih kuat doanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar