Sabtu, 10 Maret 2018

HAMBA YANG TAK BERGUNA


Lukas 10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."
18  Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.
19  Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.
20  Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."

Yesus juga mengutus 70 orang murid untuk memberitakan Kerajaan Allah disertai dengan kuasa sehingga para setan tunduk kepada perintah mereka dalam nama Yesus, hal ini membuat mereka gembira.

Bukan hanya para murid itu saja tetapi Yesus juga ikut bergembira, dan Dia memberikan pesan penting kepada para murid yaitu:

JANGANLAH BERSUKACITA KARENA SETAN TAKLUK DALAM NAMA YESUS

Para murid telah diberi kuasa untuk melakukan mujizat, saat ini kuasa itu diberikan kepada gerejanya (bukan gedung dan organisasi, tetapi murid Yesus) sehingga murid Yesus mampu mengusir setan, menyembuhkan penyakit, menolong orang yang bermasalah ekonomi, keluarga, pekerjaan, dll. Tetapi janganlah gereja bersuka cita atas hal itu, sebab semuanya dilakukan oleh Yesus bukan oleh kita, gereja hanya saluran saja.

Kuasa untuk melakukan mujizat ini juga bukan patokan seorang murid untuk bisa masuk sorga, sebab bila murid itu menjadi sombong atau menyimpang dari kebenaran tidak otomatis kuasa mujizat itu menghilang saat itu juga.

Masih ingat Bileam ? Dukun sakti yg kutukannya atau manteranya selalu terjadi, dia menghadap Yesus dulu untuk mendapat ijin atas mantera itu, sehingga manteranya berkuasa. Dan pada waktu raja Balak mengupah dia untuk mengutuki Israel, Yesus tidak mengijinkan dan malah merubah kutuk menjadi berkat.

Atau saudara pernah bertanya mengapa iblis masih bisa menghadap Tuhan ? Dan iblis masih punya banyak kuasa saat ini, padahal dialah pencipta dosa pertama kali dan masih tetap berdosa saat ini dan sampai selamanya.

Itulah contoh dari alkitab yang menyatakan kebenaran bahwa kuasa dan mujizat tidak menjamin pelakunya dapat masuk Kerajaan Allah.

BERSUKACITALAH KARENA NAMAMU TERDAFTAR DI SORGA

Di ayat 20 Yesus mengatakan bahwa kita bisa bergembira karena nama kita tercatat dalam kitab kehidupan di sorga, yang artinya kita boleh masuk sorga, kita warga negara Kerajaan Allah.

Untuk menjaga hal ini kita harus mematuhi hukum dan perintah Raja Sorga yaitu Tuhan Yesus, caranya dengan tekun membaca alkitab dan berdoa minta bimbingan.

Supaya kita tidak jatuh oleh karena keberhasilan kita dalam melaksanakan tugas dari Tuhan, baiklah kita ingat nasehat Yesus yg mengatakan bahwa kita ini hanyalah HAMBA YANG TIDAK BERGUNA di hadapan Tuhan, jangan pernah punya pikiran untuk merasa berhak menuntut Tuhan atas perbuatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar