Jumat, 09 Maret 2018

UJIAN MURID YESUS


Lukas 9:2  Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang,
3  kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.
4  Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ.

Yesus memberikan kuasa kepada para murid supaya dalam tugas mereka memberitakan Kerajaan Allah disertai dengan tanda-tanda mujizat.

Tetapi di ayat 3 Yesus juga memberi ujian kepada mereka dengan tidak boleh membawa bekal dalam perjalanan. Mereka sedang diuji untuk mengandalkan pemeliharaan Tuhan melalui orang yang mereka layani.

Pada ayat 4 tertulis para murid tidak boleh pilih-pilih tawaran berkat dari sesama. Bila mereka sudah menerima dan tinggal dalam sebuah rumah jemaat untuk menginap tapi kemudian ada tawaran yg lebih baik dari jemaat lain para murid tidak boleh pindah.

Ujian ini tidak hanya berlaku untuk para murid Yesus saat itu saja, tapi kita termasuk murid Yesus juga saat ini, kitapun akan mengalami ujian semacam itu.

Ketika kita menghadapi permasalahan maka sikap kita harus mengandalkan Tuhan dulu, kita bisa menghadap Tuhan dengan berdoa, sebab jalan itu sudah dibuka oleh Yesus sendiri. Jangan mengandalkan pertolongan yang lain. Dalam ujian ini diperlukan keteguhan iman dan kesabaran, termasuk didalamnya uji nyali.

Bayangkan bila kita sudah bekerja dan belum saatnya gajian tapi kita tidak punya uang untuk membeli makanan, di saat itu kita tidak boleh utang atau meminta-minta, tapi hanya berseru kepada Tuhan dan menunggu jawaban yg kita tidak tahu kapan datangnya. Itulah ngerinya ujian nyali, tapi setelah Tuhan jawab kebutuhan makanan kita akan menjadi sedap ujiannya.

Dan kita tidak boleh pilih-pilih berkat atau karunia yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Misal seorang pemuda sedang berdoa minta tolong dipilihkan jodoh oleh Tuhan, boleh saja dalam doa dia minta yg cantik, kulit putih, rambut pirang, dll. Tapi yang penting ketika Tuhan tunjukkan seorang gadis pilihan Tuhan maka harus diterima dengan ucapan syukur, walau tidak semua keinginan pemuda itu terpenuhi tapi itulah yang terbaik menurut Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar