Minggu, 12 Maret 2017

TABUT TUHAN BISA MENGAKIBATKAN KEMATIAN


Saudara tahu Tabut Allah ? Itu adalah peti yang dibuat Musa atas perintah Tuhan yang berisi 2 loh batu bertulis 10 Perintah Tuhan. Tabut itu termasuk barang maha kudus, hanya imam besar saja yang boleh menanganinya.

Tabut ini pernah dirampas oleh orang filistin pada waktu perang, sebab orang israel memperlakukan Tabut itu sebagai jimat, jadi mereka menyembah berhala.

Tabut kemudian dibawa ke kuil dagon di Asdod, ditaruh di sebelah patung dagon, besoknya patung dagon itu sudah rebah menyembah Tabut Allah, masih bandel juga orang filistin, patung dagon dikembalikan lagi ke tempat semula, tapi besoknya patung itu rebah lagi dan patah menjadi 3 bagian.

Kemudian kota Asdod ditimpa tulah berupa penyakit borok dan hama tikus, lalu orang filistin berunding dan memutuskan Tabut dipindah ke kota Gat, tetapi kota Gat juga ditimpa tulah, lalu Tabut dipindah ke Ekron, apa yg terjadi saudara ? Tulah juga, sehingga orang orang Ekron berkata bahwa mereka hendak disiksa dan dibinasakan bila Tabut itu tetap ada di kota mereka.

Lalu mereka memanggil dukun, sebab mereka tidak percaya Tuhan, lalu dukun memberi petunjuk supaya Tabut itu dikembalikan ke Israel dengan naik kereta baru yang ditarik sepasang lembu yg masih menyusui bayinya, dan ditambah kotak lain yaitu pembayaran tebusan salah berupa emas yang berbentuk 5 borok dan 5 tikus yg menyerang kota filistin.

Kereta lembu itu tidak ada kusirnya, bila lembu itu berjalan ke wilayah Israel berarti memang benar Tuhan Israel yang menghajar mereka, tapi bila lembu itu berjalan menuju anaknya maka tulah itu bukan berasal dari Tuhan.

Apa yg terjadi ?
1 Sam 6:12  Lembu-lembu itu langsung mengikuti jalan yang ke Bet-Semes; melalui satu jalan raya, sambil menguak dengan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, sedang raja-raja kota orang Filistin itu berjalan di belakangnya sampai ke daerah Bet-Semes.

Setelah sampai di Bet-Semes di wilayah israel, maka penduduk disana mempersembahkan korban kepada Tuhan, tapi bencana juga tidak terhindarkan oleh karena tiada pengetahuan atau pengenalan kepada Tuhan.

1 Sam 6:19  Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka dengan dahsyatnya.

Lalu orang Israel memindahkan Tabut itu ke rumah Abinadab supaya aman dan tidak menimbulkan korban lagi.

1 Sam 7:2  Sejak saat tabut itu tinggal di Kiryat-Yearim berlalulah waktu yang cukup lama, yakni dua puluh tahun, dan seluruh kaum Israel mengeluh kepada TUHAN.

Selama 20 tahun Abinadab tidak juga diberkati. Bahkan ketika Tabut itu dipindah oleh Daud malah menimbulkan korban anak Abinadab yg bernama Uza.

2 Sam 6:3  Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru setelah mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit. Lalu Uza dan Ahyo, anak-anak Abinadab, mengantarkan kereta itu.
4  Uza berjalan di samping tabut Allah itu, sedang Ahyo berjalan di depan tabut itu.
5  Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.
6 Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
7  Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.

Tetapi ketika Tabut diungsikan di rumah Obed-Edom Tuhan malah memberkatinya.

10 Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut TUHAN itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu.
11 Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya.

Mengapa bisa terjadi perbedaan yang demikian besar, Uza bin Abinadab malah mati tapi Obed-Edom diberkati.

Yang pertama, sebab Abinadab bukan orang Lewi, tapi Obed-Edom adalah orang Lewi yg memang tugasnya untuk mengusung Tabut Allah dan pasti tahu tata cara untuk merawat Tabut.

Yang ke dua, Tabut Tuhan tidak boleh dinaikkan kereta, tetapi harus dipikul oleh orang Lewi yang bertugas. Ini adalah perlambang memikul salib bagi kita orang percaya, sebagai syarat mengikut Yesus.

Dari sini kita tarik pelajaran, tanpa pengetahuan dan pengenalan akan Allah bisa mendatangkan bencana, tapi bila kita mengenal Tuhan maka bagi orang lain bencana bagi kita malah menjadi berkat.

Bila saudara suka membaca, ini ada kisah penemuan Tabut Tuhan di jaman akhir ini, dimana ada rahasia yang telah tersimpan lebih dari 2000 tahun yang dibukakan, yaitu darah anak domba Allah, darah Kristus sendiri telah tercurah di atas tutup Tabut yang disebut Tutup Pendamaian, sebagai lambang darah yang menghapus dosa dunia.

TABUT TUHAN YG TELAH DITEMUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar