Sabtu, 19 September 2015

CARA MENDENGAR SUARA TUHAN UNTUK PEMULA


Banyak orang percaya belum mempunyai pengalaman mendengar suara Tuhan, bahkan mereka heran bila ada orang yg mengatakan atau mendengar bahwa Tuhan itu BERBICARA kepada manusia di bumi ini.

Syarat utama untuk mendengar adalah percaya kepada Tuhan Yesus dan Alkitab, dengan demikian tidak ada suatupun peristiwa yg terjadi kebetulan didalam hidup ini, semuanya sudah direncanakan sempurna oleh Tuhan.

Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Sebelum dunia dijadikan Tuhan sudah merencanakan semuanya, tidak ada yg kebetulan, bahkan Tuhan sudah memilih kita sebelum Dia menciptakan kita, sebelum Tuhan menciptakan dunia.

Lukas 12:7 bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Tuhan itu teliti sekali, tidak seperti kita yg sering mengabaikan hal-hal kecil dan sepele, tetapi Tuhan itu mengetahui sampai hal yg mendetail yang bahkan tidak pernah kita ketahui, contohnya jelas sekali di ayat atas, siapa orangnya yg pernah menghitung rambut kepalanya sendiri ? Tapi Tuhan menghitungnya. Jadi sekali lagi TIDAK ADA YANG KEBETULAN BAGI TUHAN.

1. Tuhan bisa berbicara memakai suara yang terdengar, ini dialami oleh nabi Samuel (1 Samuel 3:4), tapi tidak setiap orang diberi karunia ini.

2. Tuhan berbicara melalui Alkitab, ketika saudara membacanya saudara menangkap kesan yg kuat, itulah pekerjaan Roh Kudus yg menolong saudara untuk mendengar suara Tuhan.

3. Tuhan berbicara melalui peristiwa atau hal yang aneh yang dialami, bila belum mengerti saudara bisa berdoa minta dijelaskan lagi oleh Tuhan. 1 Samuel 10:1-7

4. Tuhan berbicara melalui jalan yang dibuka dan jalan yang ditutup, tentu saudara harus memilih jalan yg dibuka sambil saudara uji lagi dalam doa. Yesaya 22:22 dan Wahyu 3:7
Bila saudara belum mengetahui mana yang harus dipilih saudara dapat berdoa minta Tuhan tutup jalan yg tidak berkenan dan buka hanya jalan yg Tuhan kehendaki.

5. Tuhan berbicara melalui mimpi, seperti mimpi Yusuf, tentu setiap mimpi harus diuji, didoakan kepada Tuhan supaya tidak salah tafsir. Kejadian 37:5

6. Tuhan berbicara melalui pelayan Tuhan, tentu saudara perlu menguji kembali hal ini, sebab pelayan Tuhan juga masih manusia.

7. Tuhan berbicara dalam hati kita berupa dorongan, semangat, tergerak, hal ini bisa jadi Roh Kudus yg menggerakkan saudara, untuk membedakan dengan suara saudara sendiri maka harus diuji dalam doa dan kebenaran Alkitab.

8. Tuhan berbicara melalui lirik lagu dalam pujian dan penyembahan (Ayb 35:10)

9. Tuhan berbicara melalui Pengelihatan (Yoel 2:28), bisa jelas - melihat dunia roh senyata dunia fisik, bisa tidak jelas - hanya terlihat saat mata terpejam, seperti bayangan.

Tidak sulit kan saudara, asal berniat ? Selamat bergaul dengan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar