Sabtu, 08 Februari 2014

NAMA TUHAN YESUS BERKUASA


Tentu saudara tidak asing lagi dengan kisah pertandingan antara Daud melawan Goliat. Siapa pemenangnya ? Benar saudara pemenangnya adalah Daud, mari kita pelajari mengapa Daud yg lebih kecil badannya itu bisa menang melawan Goliat yg berbadan raksasa dan sudah terlatih bertahun-tahun untuk berperang.

Sebelum kita menyaksikan pertandingan antara Daud melawan Goliat mari kita lihat peristiwa yg dialami oleh Daud sebelum pertandingan itu.

A. DIKUASAI OLEH ROH TUHAN.

1 Samuel 16:13  Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.

Ayat diatas terjadi setelah Tuhan menolak Saul sebagai raja Israel, sebab sudah seringkali Saul tidak mentaati kehendak Tuhan. Ini adalah peringatan buat kita semua bahwa kitapun yg sudah menerima anugerah keselamatan didalam Tuhan Yesus bisa ditolak oleh Tuhan pada saat penghakiman terakhir nanti bila dalam hidup kita di dunia ini tidak taat melakukan kehendak Tuhan.

Sejak hari Daud diurapi oleh Samuel itu maka berkuasalah Roh Tuhan atas Daud, sehingga Daud kini tidak sama lagi dengan Daud yg dahulu.

1 Samuel 17:34  Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,
35  maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.

Daud yg sudah dikuasai Roh Tuhan tidak takut lagi kepada singa atau beruang, dengan mudah Daud bisa menghajar atau membunuhnya, hal ini juga dialami oleh Simson.

Hakim 14:5  Lalu pergilah Simson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggur di Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum.
6  Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing — tanpa apa-apa di tangannya.

Jelas ditulis di ayat diatas bahwa Simson mencabik seekor singa muda bukan dengan kekuatannya sendiri tetapi karena dikuasai oleh Roh Tuhan.

Demikianlah keadaan orang yg dikuasai oleh Roh Tuhan, dia tidak takut lagi menghadapi bahaya apapun, bahkan bisa mengalahkannya.

Sekarang kita tahu kunci pertama kemenangan Daud atas Goliat bukan karena kekuatan atau keahlian perang Daud tapi karena dikuasai oleh Roh Tuhan.

B. KUASA NAMA TUHAN SEMESTA ALAM.

1 Sam 17:45  Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

Ayat diatas menyatakan bahwa Daud mendatangi Goliat bukan dengan tongkat dan umban, memang Daud membawa senjata itu tetapi dia tidak mengandalkan senjata, Daud mengandalkan nama Tuhan semesta alam.

Demikian pula kita orang percaya di akhir jaman ini, janganlah menghadapi masalah-masalah kita yg kelihatan besar dan raksasa dengan mengandalkan senjata, peralatan atau teknologi kita, tapi hadapilah masalah raksasamu dengan nama Tuhan semesta alam yaitu nama Tuhan Yesus.

Yohanes 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
12  Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku;

Diakhir jaman ini Tuhan semesta alam telah mengambil nama seorang manusia untuk dijadikan namaNya sendiri, ayat diatas memberi tahu kita bahwa Bapa memberikan namaNya sendiri kepada Anak dan nama itu adalah Yesus seperti tertulis di ayat dibawah ini.

Matius 1:21  Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Lukas 1:30  Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
31  Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Karena itulah nama Tuhan Yesus sangat berkuasa sebab itu adalah Nama Tuhan semesta alam seperti yg ditulis di ayat di bawah ini.

Filipi 2:9  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
10  supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11  dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar