Sabtu, 22 Februari 2014

BATSYEBA YG SUKA PAMER


2Sam 11:2  Suatu senja Daud bangun dari tempat tidurnya, lalu ia ke luar untuk menghirup udara segar di atas atap istananya. Ketika memandang ke sekelilingnya, ia melihat seorang perempuan yang sangat cantik sedang mandi.

Apakah sekarang kita begitu mudahnya melihat perempuan mandi dari tingkat atas rumah kita ? Tentu tidak (malah di internet yg mudah), lalu mengapa Daud hanya bisa melihat Batsyeba saja, sedang perempuan mandi lainnya tidak dapat dilihatnya ? Jawaban yg masuk akal adalah Batsyeba mandi di tempat yg berbeda dengan perempuan lain mandi, mungkin tidak beratap atau kurang tertutup. Bisa dikatakan disini bahwa cara Batsyeba mandi tidak sopan.

2Sam 11:4  Lalu Daud menyuruh orang untuk mengambil perempuan itu dan membawa dia kepadanya. Perempuan itu datang dan Daud tidur dengan dia. Ketika itu perempuan itu baru saja membersihkan diri setelah masa haidnya selesai. Lalu ia pulang ke rumahnya.

Di ayat tsb kita tidak melihat adanya perlawanan dari Batsyeba terhadap ajakan Daud untuk berzinah dengan dirinya, padahal Batsyeba pasti sudah tahu apa hukuman dari dosa itu. Mungkin jauh didalam hatinya Batsyeba ada nafsu liar, sebab dia seolah dengan sengaja memamerkan adegan mandi di tempat yg bisa dilihat orang lain dan ketika adegan mandinya berbuah ajakan berzinah dari seorang raja dia tidak melawannya atau mungkin malah menikmatinya. Tentu saja bukan hanya Batsyeba yg bersalah, Daud juga bersalah, malah kesalahan Daud lebih besar dari kesalahan Batsyeba.

Lalu kita semua tahu apa akibat dari perbuatan dosa ini:
  1. Batsyeba ketakutan karena dia hamil. 2 Sam 11:5  Lalu mengandunglah perempuan itu dan disuruhnya orang memberitahukan kepada Daud, demikian: "Aku mengandung."
  2. Daud ketakutan karena perbuatannya akan diketahui orang.
  3. Daud merancang tipu muslihat yaitu memanggil Uria suami Batsyeba pulang dari medan perang supaya tidur dengan istrinya untuk menutupi perbuatan zinahnya dengan Batsyeba. 2 Sam 11:8  Kemudian berkatalah Daud kepada Uria: "Pergilah ke rumahmu dan basuhlah kakimu."
  4. Tetapi Uria adalah tentara yg setia dengan tugasnya, dia tidak mau pulang ke rumah dan tidur dengan istrinya sebelum perang usai, maka Daud merancang cara lain yaitu dengan pembunuhan. 2 Sam 11:11  Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!
  5. Untuk melancarkan aksi pembunuhan ini Daud mengajak Yoab panglimanya untuk bekerja sama melakukan dosa. 2 Sam 11:15  Ditulisnya dalam surat itu, demikian: "Tempatkanlah Uria di barisan depan dalam pertempuran yang paling hebat, kemudian kamu mengundurkan diri dari padanya, supaya ia terbunuh mati.”
  6. Pembunuhan akan terus terjadi pada keturunan Daud. 2 Sam 12:10  Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.
  7. Istri-istri Daud akan diberikan kepada orang lain. 2 Sam 12:11  Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari.
  8. Daud berzinah secara tersembunyi, tapi Tuhan akan memperlihatkan secara terang-terangan orang yg akan berzinah dengan para istri Daud. 2 Sam 12:12  Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan.
  9. Anak hasil zinah itu pasti mati. 2 Sam 12:14  Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati."
Dengan berkaca pada pelajaran firman Tuhan ini saya sarankan untuk para wanita supaya berhati-hati dengan mode pakaian yg saudari kenakan, bila saudari ingin mengikuti mode pakaian jaman ini janganlah memilih yg mode seksi yaitu semua pakaian yg memperlihatkan keelokan tubuh (misalnya: bagian pusar keatas sopan bahkan sudah memakai kerudung/telekung, tapi bagian pusar ke bawah memakai celana jean yg ketat sehingga terlihat sensual dan menggoda lelaki), hal itu mengudang bahaya baik bagi saudari sendiri maupun bagi yg tidak kuat melihatnya.

Bila saudari memilih mode pakaian seksi maka perbuatan saudari sama halnya dengan apa yg sudah dilakukan oleh Batsyeba yg mandi dengan cara yg tidak sopan.

Baiklah kita mengikuti nasehat firman Tuhan berikut ini:
Roma 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar