Rabu, 31 Januari 2018

MAKANAN YG HARAM DAN HALAL


Matius 15:11  "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."

Ayat diatas merupakan pengantar perubahan peraturan mengenai makanan haram dan halal yang diberlakukan setelah kebangkitan Yesus.

Kisah 10:11  Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.
12  Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.
13  Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"
14  Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir."
15  Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."
16  Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.

Ayat diatas merupakan perubahan tentang hukum makanan, Tuhan menyatakan tidak ada lagi makanan haram mulai saat itu.

Tetapi tentang darah, tidak ada perubahan peraturan, sebab darah itu nyawa, oleh karena itu darah tidak termasuk dalam golongan makanan, seperti yg disebutkan dalam ayat di bawah ini.

Ulangan 12:23  Tetapi jagalah baik-baik, supaya jangan engkau memakan darahnya, sebab darah ialah nyawa, maka janganlah engkau memakan nyawa bersama-sama dengan daging.

Satu-satunya darah yang boleh dimakan adalah darah Anak Domba Allah yang dilambangkan dengan air anggur dalam perjamuan kudus. Sebab Tuhan Yesus sendiri yang telah mengatakannya dalam ayat dibawah ini.

Matius 26:27  Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
28  Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
29  Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar