Kamis, 20 April 2017

SIKAP ORANG ORANG DI BEREA YG BAIK

Kisah Paulus dan Silas yang melayani pemberitaan Injil sudah sampai di kota Tesalonika. Kisah Rasul 17:1

Kota Tesalonika didirikan sesudah kemenangan Makedonia, untuk menandai kedudukannya yg baru dalam dunia. Dengan cepat Tesalonika mengungguli kota-kota tetangganya yg lebih tua dan menjadi kota besar Makedonia yg utama. Terletak di persimpangan jalan darat utama dari Italia ke Timur dengan jalan utama dari daerah Laut Egea ke S Danube, maka kedudukannya pada zaman kerajaan Roma terjamin, dan Tesalonika tetap merupakan kota utama sampai hari ini.

Saat ini kota itu bernama Thessaloniki di Yunani dapat dilihat pada peta google sbb:


Sedangkan kota Berea mungkin sekarang bernama Veria di dekat kota Tesalonika, gambar petanya sbb:


Di Tesalonika Paulus mengalami aniaya dari orang orang Yahudi garis keras yang dibantu oleh preman (penjahat) bayaran yang mengakibatkan kekacauan di kota. Kisah 17:5

Maka orang orang percaya disana mengungsikan Paulus dan Silas ke Berea. Kisah 17:10

Di Berea inilah mereka menemukan orang orang yahudi yang sikapnya lebih baik dari orang yahudi Tesalonika. Kisah 17:11

Orang yahudi di Berea tidak menganut golongan aliran keras yang menentang berita Injil. Mereka mau menerima berita Injil tetapi mereka juga mengujinya dengan menyelidiki kitab suci, apakah berita Injil itu cocok dengan yang telah tertulis di kitab suci.

Setelah mereka mengetahui bahwa berita injil itu cocok dengan isi kitab suci maka mereka menjadi percaya, tidak sedikit mereka adalah orang orang terkemuka Yunani. Kisah 17:12

Sikap orang orang di Berea inilah yang perlu kita contoh, di akhir jaman ini banyak berita palsu, tapi banyak pula kebenaran yang terungkap kembali, untuk mengujinya kita harus menyelidiki kitab suci, bila cocok dengan kitab suci berarti berita itu benar, bila tidak maka jangan dipercaya.

Sebagai contoh, selama ini kita memperingati Jumat Agung sebagai hari penyaliban Yesus dan Minggu Paskah sebagai hari kebangkitanNya, apakah benar demikian ?

Tuhan Yesus pernah berkata sebelumnya bahwa Ia akan berada di perut bumi 3 hari 3 malam, Matius 12:40, maka itu berarti saat penyaliban haruslah hari rabu.

Silahkan saudara uji dengan menyelidiki Alkitab, dengan pertolongan Roh Yesus dan bacaan di internet, seperti sikap orang Berea dan saudara bisa membaca juga penyelidikan saya tentang itu di:

Yesus disalib hari rabu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar