Minggu, 27 November 2011

SOFTWARE LEGAL PERLUKAH ?

Sebagai umat pilihan Tuhan, imamat rajani, kekudusan adalah gaya hidup kita.

Stiker keaslian windows XP

Juga diperintahkan kepada kita untuk taat pada pemerintah, taat hukum (Titus 3:1), maka perlu kita juga taat akan hukum mengenai legalitas dari software komputer kita, hal mana yg sering kita abaikan atau bahkan ada yang tidak tahu apakah itu sofware legal.

Stiker keaslian windows 7

Suatu software dikatakan legal bila kita sudah membeli lisensi dari software tsb, misal software yang sangat tenar yaitu operating sistem window buatan microsoft, legalitasnya ditandai dengan stiker khusus yg dikeluarkan oleh microsoft yg ditempelkan ke bagian dari pc atau laptop kita. Sedangkan software yg tidak/belum dibeli lisensinya termasuk dalam golongan bajakan atau curian.

Software bajakan yg terkena razia

Tetapi masalah melegalkan software-software kita bukanlah hanya masalah niat saja, mungkin ada diantara kita yg terkejut bahwa harga semua sofware yg terpasang di laptopnya lebih mahal dari harga laptop itu sendiri.

Pemusnahan software bajakan

Maka supaya masalah legalitas software yang kita pakai tidak sampai mengganggu ibadah kita dalam mengikuti Tuhan Yesus, saya berikan beberapa alternatif jalan keluar yg menyangkut masalah mahalnya biaya software legal.

ALTERNATIF I: FREE SOFTWARE
Biaya sofware legal yang paling murah adalah memakai FREE SOFTWARE, apakah itu ? Free software adalah adalah software yang boleh dipakai siapa saja tanpa perlu membayar lisensi, bahkan kita boleh memodifikasi software tsb untuk kita berikan kepada saudara-saudara kita.

Biaya yang diperlukan untuk mendapatkan free software ini hanyalah biaya pemasangan, biaya servis bila ada gangguan dan biaya pelatihan menggunakan free sofware tsb.

Saya heran dengan adanya perusahaan atau orang-orang ahli yang mau bekerja untuk menciptakan software bagus yang kemudian diberikan begitu saja hasilnya kepada semua orang yang mau memakainya tanpa minta bayaran lisensi.

Mungkin saudara beranggapan kalau free software adalah software kelas 2 yg kalah canggih dibandingkan software berbayar yang ada di pasaran, pendapat ini ada benarnya juga tapi tidak sepenuhnya demikian.

Sebagai contoh tentu saudara sudah tidak asing lagi dengan software penjelajah internet yg bernama firefox dan google chrome, itu adalah dua free software yang terbaik didunia dalam hal keamanannya seperti sudah dibuktikan dalam sayembara hacking yg diadakan tiap tahun, kedua browser tsb belum bisa dibobol (hack) oleh siapapun mengalahkan browser buatan microsoft (internet explorer) dan browser buatan apple (safari).

Saudara tentu sudah mengenal google dan facebook, dua perusahaan besar internet tsb tentu memerlukan server yg baik untuk menunjang kelancaran kerjanya, kalau saudara mencari tahu sistem operasi yg dipakai oleh dua perusahaan tsb tentu saudara akan mendapatkan bahwa mereka memakai sistem linux untuk servernya. Dan linux termasuk dalam free software walaupun tidak semuanya, ada linux enterprise buatan red hat dan suse yg berbayar.

Saya merasa adanya free software adalah perbuatan tangan Tuhan yang dalam keadilanNya membela orang-orang yg kurang beruntung dalam hal keuangan supaya mereka tetap dalam kekudusan dalam hal pemakaian software.

Setiap keputusan yang kita ambil pasti ada kelebihan dan kekurangannya, kalau kita memakai free software maka:

KELEBIHANNYA
  1. Harganya murah
  2. Keamanan lebih baik, dalam hal ini terjadi keanehan bahwa sistem window yg mahal itu ternyata banyak terserang virus komputer, bahkan sistem mac (apple) juga ada virusnya sekarang ini. Di linux pun juga ada virus, tapi begitu diketahui adanya jalan masuk yg bisa dimanfaatkan oleh virus segera komunitas linux menutup jalan tsb sehingga umur virus di linux cuma beberapa hari saja, itulah sebabnya jarang sekali ada hacker yg mau membuat virus untuk linux, sebab yang dihadapinya adalah teman2 hackernya sendiri yang akan menutup jalan virus tsb.
  3. Sistem jarang rusak / macet, hal ini karena tiadanya gangguan dari virus.
  4. Update dan upgrade software lebih murah, bandingkan kalau mau upgrade sistem window tentu harus beli lisensi baru lagi.

KEKURANGANNYA
  1. Harus menyesuaikan dengan menu sistem yg dipakai, hal ini menjadi batu sandungan bagi yg malas belajar atau tidak ada waktu belajar.
  2. Ada beberapa alat (hardware) yg belum mendukung linux.
  3. Ada software khusus yg hanya dibuat untuk sistem window sehingga tidak bisa dipakai di sistem linux.

CARA MELANGKAH
Tentu tidak langsung beralih ke sistem linux, karena pasti akan menimbulkan kebingungan, dimulai secara bertahap dengan memakai free software.

Langkah pertama dimulai dari firefox, hal ini mudah karena firefox sudah banyak dipakai dan firefox window sama persis dg firefox linux jadi tidak akan terasa kalau sedang pakai linux.

Alternatif word

Langkah selanjutnya bisa mulai belajar dan menggunakan libre office (open office), hal ini perlu penyesuaian sebab menunya tidak sama dengan microsoft office yg sudah terkenal itu.

Alternatif exel

Untuk mengganti photoshop yg mahal itu bisa memakai gimp, corel bisa diganti dengan inkscape, fungsinya sama dan semua free software tsb sudah tersedia untuk sistem window, untuk aplikasi yg lain bisa dicari sendiri di internet dengan memanfaatkan bantuan google atau mesin pencari yg lain.

Alternatif photoshop

Setelah semua aplikasi free tadi sudah dikuasai baru langkah terakhir belajar dan memakai operating sistem linux, linux ini banyak distronya (macamnya) bisa dilihat di www.distrowatch.com, dianjurkan memilih yg populer saja untuk memudahkan mencari penyelesaian kalau timbul masalah nantinya. Untuk pc desktop atau laptop yg populer adalah ubuntu linux dan turunannya (variasinya) yaitu linux mint, super os, ultimate, dll.

Artinya software bebas untuk umat manusia

ALTERNATIF II: SISTEM CAMPURAN

Dalam hal ini untuk mengurangi biaya dari pembelian software bisa dilakukan dengan membeli sistem operasi window dan kemudian memakai aplikasi free misal: libre office, kingsoft office, gimp, inkscape, dll.

KEKURANGANNYA
Karena masih memakai sistem window maka keamanan data masih kurang terjamin, masih ada kemungkinan terserang virus baru yg belum bisa dideteksi oleh anti virus.

ALTERNATIF III: MEMBELI LISENSI

Ini adalah yg paling sederhana bagi logika, software yg diperlukan tinggal beli, tapi masalahnya tidak sederhana dari segi biaya, bahkan ada kemungkinan harga softwarenya lebih mahal dari harga laptopnya, misalnya harga photoshop kira-kira 6 juta itu saja sudah bisa buat beli laptop baru.

Hal yg paling menjengkelkan adalah sudah mahal harganya tapi keamanan kurang terjamin karena serangan virus yg selalu baru tiap waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar