Minggu, 11 November 2012

ALLAH MAHA TAHU, TAPI TIDAK OTOMATIS


Saudara harus tahu, sifat ini yg adalah salah satu sifat Allah kita yg ajaib, supaya saudara tidak kecewa.

Seperti pada peristiwa Adam dan Hawa yg digoda setan, apakah Allah tahu bahwa nanti manusia bakal gagal dan jatuh rusak dalam dosa ?

Kalau Allah tahu mengapa tidak mencegahnya, sebagai perbandingan kalau saudara punya anak dan tahu anak itu sebentar lagi akan kecelakaan, apakah saudara bisa diam saja ? Tentu saudara akan sepakat menjawab "MENCEGAH" bagaimanapun caranya. Kita tahu dari kitab kejadian bahwa Allah tidak mencegah.

Kejadian 3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"

Setelah manusia jatuh pada waktu Allah berjalan dalam taman eden, mengapa Allah bertanya kepada mns kalau Dia sudah tahu ? Apakah Dia pura-pura tidak tahu ?

Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Roh Allah melayang-layang, mengapa Dia lakukan kalau Dia sudah tahu ? Roh Allah melakukan itu untuk melihat-lihat.

Kejadian 1:3-4 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. 4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

Allah melihat bahwa terang itu baik, jadi sebelumnya sudah dilihat atau belum ? Belum.

Kejadian 1:10 Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Allah melihat bahwa semuanya itu baik, jadi sebelumnya itu belum dilihat, padahal sifat Allah adalah maha tahu ? Bagaimana penjelasannya ?

Sifat kemaha tahuan Allah itu tiada batasnya, tapi sifat ini tidak otomatis, tapi dalam pikiran saudara Allah itu maha tahu semuanya secara otomatis dan setiap saat seperti cctv yg merekam semuanya secara otomatis dan setiap saat. Inilah salah satu kesalahpahaman manusia, sebab belum belajar dan mengerti Alkitab.

Hosea 8:1-4 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku. 2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!" 3 Israel telah menolak yang baik  —  biarlah musuh mengejar dia! 4 Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan.

Perhatikan ayat 4 "tetapi dengan tidak setahu-Ku", padahal Allah mahatahu tapi waktu itu belum tahu sebab belum "INGIN TAHU".

Kemaha tahuan Allah itu tanpa batas, pada saat Dia ingin tahu maka langsung tahu , contohnya kalau saudara ditanya silsilah saudara maka saudara akan kesulitan menjawab sampai tingkat 7 keatas, tapi Allah tahu silsilah saudara sampai dari Adam.

Sifat ini harus saudara tahu supaya saudara ikut Tuhan tidak gampang kecewa karena salah paham, karena menurut pikiran saudara Allah sudah tahu dengan masalah saudara, tapi kenyataannya belum, Allah memang tahu semua masalah saudara kalau Dia ingin tahu, karena itu saudara wajib berdoa melaporkan masalah saudara kepada Allah, supaya Allah ingat kalau saudara lagi bermasalah, dan pasti Dia tahu lebih banyak dari yg saudara ketahui dan alami.

Yesaya 43:26 Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!

"Ingatkanlah Aku" kata Tuhan, apakah Tuhan lupa ?, tidak Dia tidak pernah lupa, mengapa harus diingatkan ? Sebab kalau Dia belum ingin ya belum ingat.

Kejadian 6:7 Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka."

Allah menyesal telah membuat manusia sebab pada waktu menciptakan manusia Allah belum tahu kalau akan jatuh dalam dosa sebab Allah belum melihat Adam dan Hawa itu mau jadi apa, kalau Allah sudah melihat manusia bakal jatuh dalam dosa dan bakal masuk neraka semua, maka pasti Allah tidak jadi membuat manusia. Jadi saudara tidak bisa menuduh Allah sudah tahu tapi dibiarkan saja.

Wahyu 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Sifat ini juga dimanfaatkan oleh iblis, sehingga dia siang dan malam mendakwa dosa-dosa yg saudara lakukan, supaya dia bisa memperoleh keuntungan yaitu diberi ijin oleh Allah untuk menyiksa saudara (ingat kisah Ayub).

Karena itu kalau saudara jatuh dalam dosa, jangan menunda waktu untuk berdoa mengakui dan bertobat kembali dihapadan Tuhan, supaya saudara tidak kedahuluan dakwaan iblis yg siang malam itu, sehingga saudara terlanjur kena hukuman berat.

Tiap dosa selalu ada hukumannya, harapan kita tangan Tuhanlah yg menghukum kita sebab hukuman Tuhan itu bersifat mendidik kita untuk kebaikan kita, jangan sampai Tuhan mengijinkan tangan iblis yg menghukum kita sebab kita tahu tangan iblis bermaksud membinasakan kita.

Dikutip dari kotbah hamba Tuhan yg unik Ev. Yusak Tjipto, bagi saudara yg ingin mendengarkan kotbahnya langsung bisa klik disini.

1 komentar: